Langkah Pembuatan Kerajinan Dari Bubur Kertas



Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata ‘ kerajinan’ berasal dari kata ‘rajin’ yang artinya barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat sesuatu. Namun kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara membuat kerajinan yang berbahan dasar kertas atau lebih tepat bubur kertas walau pun hanya berbahan kertas pada kerajinan yang saya buat ini memiliki kesulitan tersendiri karena tema yang saya tentukan adalah peninggalan dari Indonesia akan tetapi jika saya membuat miniatur seperti aslinya sudah biasa lalu terlintas dalam pikiran saya bentuk kerajinan ini merupakan gabungan antara miniatur monas dengan candi borobudhur karena dalam satu kerajinan bisa terlihat 2 miniatur peninggalan sejarah.
Ada pun langkah-langkahnya sebagai berikut;
  1. Hancurkan kertas dengan cara merendam kertas itu selama satu malam.
  2. Sambil menunggu satu malam buat kerangka miniatur candi borobudhur dan monas dari kawat bendrat, kerangka tadi haruslah terpisah miniatur candi borobudur sendiri dan monas sendiri.
  3. Setelah hancur buang air dan campurkan lem kayu sebagai katalis agar bisa merekat dengan kerangka kawat tadi.
  4. Tempelkan bubur kertas tadi ke bagian kerangka miniatur candi borobudur tadi hingga selesai dan setelah rata diamkan agar bubur kertas kering.
  5. Lanjutkan menempelkan bubur kertas lagi ke miniatur monas hingga selesai dan setelah selesai diamkan juga agar bubur kertas kering.
  6. Setelah semua kering gabungkan kedua miniatur tadi, miniatur candi borobudhur sebagai alas dan miniatur diletakkan di tengah-tengah miniatur candi borobudhur, sebagai perekat gunakan bubur kertas tadi dan diamkan agar sambungan kering.
  7. Setelah sambungan kering haluskan atau rapikan miniatur tadi menggunakan amplas.
  8. Setelah proses penghalusan dan perataan selesai buat candi-candi kecil sebagai pendukung dan tempelkan ke miniatur candi borobudhur tunggu sampai kering lagi dan rapikan kembali.
  9. Setelah proses tadi selesai lanjutkan ke proses finishing yaitu pewarnaan, pada bagian proses ini  yang diberi warna hanyalah miniatur monas saja karena miniatur candi dibiarkan berwarna kertas maksud dari ini adalah agar terlihat terbuat dari kertas
  10. Setelah proses ini tadi selesai, lanjutkan ke proses pengekliran tujuannya agar warna tahan lama dan terlihat mengkilap, setelah proses ini selesai berarti pembuatan kerajinan ini juga salesai.
Artikel ini hanyalah sebagai referensi saja bagi anda yang berminat membuat kerajinan dari bahan kertas dan jika dalam penulisan ada kata yang salah, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya.
Share on Google Plus

About Robbiradyya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar