Plot Data Titik Koordinat Excel ke AutoCad


       Mungkin orang yang mengunjung blog ini merasa bingung tentang pengoprasian AutoCad melalui Excel, tidak dipungkiri bila seseorang yang mlihat ini adalah orang yang tidak tahu atau masih baru mengenal bidang drafter, dan mungkin juga orang yang sudah lama mengenal bidang drafter tetapi belum tahu cara ini. Nah, maka dari itu saya memebuat referensi ini untuk membantu pembaca, sesuai apa yang saya katakan di atas saya pun awalnya juga bingung.

       Sudah cukup curhatnya, mari kita lanjut ke cara ploting data koordinat excel ke autocad akan tapi terlebih dahulu kamu harus belajar mengelolah data titik koordinat tersebut di excel.
1. Buka data koordinat di excel, seperti gambat dibawah.

2. Ikuti langkah dibawah ini, dengan rumus?
                                       =CONCATENATE(kolom 1,",",kolom 2)
Dari lingkaran bernomorkan 1 tersebut menjelaskan perintah PO yang artinya POINT sedangkan nomor 2 menjelaskan penggunaan rumus di atas
3. Mengcopy hasil dari rumus tersebut, seperti gambar di bawah ini.
4. Buka program AutoCad dan nantinya pada tampilan Command pastekan data yang dicopy tersebut.
                                           
5. Habis mempastekan data tersebut ketik perintah "Z"enter"E"enter
6. Klik toolbar "FORMAT" lalu pilih "POINT STYLE", selanjutnya akan muncul kotak dialog (untuk unit menyesuaikan), seperti gambar di bawah ini.

7. Hasilnya seperti gambar ini.
8. Selanjutnya membuat sebuah garis, cara hampir mirip dengan yang diatas tetapi pererintah "PO" diganti dengan PLINE yang artinya POLYLINE(garis tak putus) dan pada kolom paling bawah diberi perintah "CLOUSE" berartikan enter. Rumus masih menggunakan yang tadi.

ENTER
( anda akan mendapatkan hasil garis tersebut )


Sekian dan terima kasih
blog diatas hanya sebagai referensi saja bagi orang yang membutuhkan, ada kurang atau kasalahan mohon dimaklumi saja soalnya baru belajar ngeBLOG. Dan bila anda masih bingung dengan langkah dan cara di atas kunjungilah blog dengan alamat (http//www.Asifah.com) disitu tertera youtubnya juga.


Share on Google Plus

About Robbiradyya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar